Jumat, 19 April 2013

Wuidddiiihhhh, CENTIL banget dia!!!!


Bismillahirahmanirrahim..

Kali ini nonoy datang lagi. Gimana? Dari 5 hal yang nyebelin yang udah gue tulis, mana yang ada pada diri Lu? Kekekeke, di diri gue juga ada kok. Maklum, kite kan manusia. Jadi pasti Ada kurang dan lebihnya. Betul kagak aye? Sebelumnye, kite bedoa dulu pada Allah SWT agar kita selalu dilimpahkan rahmat dan karuniaNya. Hingga kite selalu bisa berbagi hal-hal baik ataupun yang buruk. Hehehe, kenapa gue jadi betawi gini ya? It's okay. Namanye juga nusantara. So, beragam dah bahasa gue.

Gimana kalo sekarang kita ngebahas tentang muslimah centil? Hmmmm, muslimah centil ternyata banyak lho kita temui dimasyarakat. Ga usah jauh-jauh deh. Disekitar kita pasti ada. Bukan berarti seorang muslimah ga boleh tampil cantik, hanya saja mungkin ada batas yang harus dipatuhi oleh seorang Muslim. Cantik juga ada beberapa definisi dan kategorinya. Cantik bagi sebagian orang adalah keindahan. Entah itu secara fisik ataupun nonfisik. Indah rupa, elok postur tubuh, juga bagus dalam penampilan. Mungkin bagi orang yang hanya memandang duniawi, itulah definisi cantik baginya. Namun bagi orang yang memiliki hati yang bersih tentu berbeda. Bagi mereka, cantik adalah suatu yang lahir dari keelokan tingkah laku, sikap, tutur bahasa, serta muncul dengan sendirinya melalui caranya berkomunikasi. Hmmm, agak berat ye bahasa gue.


Yah, mungkin banyak orang yang mengeluh akan keadaan fisiknya yg ga sempurna. Yang itemlah, gendutlah, jerawat dikit langsung panik, belang dikit langsung kesepa, rambut rontok langsung kesalon, atau bahkan kuku kaki dan tangan tak luput dari keluhan seorang wanita. Pokoke banyak yang merasa tidak sempurna untuk dirinya. Sementara kita bisa Liat banyak di antara kita yang masih kekurangan Indra tetap tenang dan menikmati hidup dengan baik. Mungkin kita merasa kasihan pada mereka yang kekurangan indra dan organ itu, namun bisa jadi mereka justru bahagia. Itulah yang disebut dengan bersyukur. Nah, kesyukuran ini yang mulai banyak tidak dimiliki oleh banyak manusia terutama para wanita. Merasa diri selalu kurang, membuat mereka berjuang mati-matian untuk tampil sempurna dan optimal didepan banyak orang. Mereka rela menghabiskan banyak uang, tenaga untuk bisa hadir didepan publik tanpa cacat sedikitpun.

Ga apa sih. Namun kadang ketidakpedean yang berlebihan membuat para wanita berpikir keras untuk menjadi yang terbaik. Berdandan dengan dandanan yang berlebihan, menggunakan pakaian yang terbaik, bahkan juga mungkin mereka rela mengoperasi wajah demi bisa diakui cantik oleh sahabat, rekan kerja, pacar, bahkan mungkin orang umumnya. Biasanya penyakit seperti ini sudah bisa dikategorikan kedalam penyakit centil. Kenapa gue bilang centil? Karna mereka ingin orang lain melihat hanya pada diri mereka. Mereka mengharapkan kesempurnaan dari kehadirannya, hingga mungkin bisa memikat lawan jenisnya atau bahkan mereka sekadar pamer kecantikan, kemewahan, dan kekuasaannya. Hmmm, gue agak ragu sebenarnya ama tema ini. Tapi ga masalah, toh kalian juga pasti ngerti maksud dan tujuan gue.

salah satu contoh kecentilan :D

Nah, gimana dengan seorang muslimah yg centil? Seperti yang kita ketahui dalam AL Quran, Allah jelas sekali telah mengatur tentang batas-batas, adab-adab, juga aturan main seorang muslimah. Dari mulai adab mereka sebagai anak, sebagai orang tua dan yang pastinya sebagai seorang wanita. Al Quran dan Hadist juga telah mengatur cara hidup, tingkah laku dan tentu saja penampilan seorang muslimah. Centil menurut gue sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Centil dalam perbuatan dan centil dalam penampilan.

Gue agak ga setuju dengan lagu Cangcuters yang bilang kalo wanita itu adalah " racun dunia ". Wanita adalah seorang manusia yang diciptakan Allah untuk menemani Nabi Adam sebagai penguat beliau dalam mengemban dakwah di surga. Namun, Hawa yang lemah imannya, tergoda untuk melakukan sebuah kesalahan. Hingga Adam yang mencintainya, yang kebetulan juga terenyuh dengan permintaan Hawa, melakukan apa yang diminta oleh wanita ini, hingga membuat Adam terlempar kebumi dan terpisah dari kekasih hatinya. Namun, dengan kasih sayang Allah, mereka kembali dipertemukan untuk merajut cinta. Sejak itu, Adam dan Hawa hidup berkasih sayang  di bumi Allah. Seorang wanita juga yang mampu menguatkan seorang Munir dalam memperjuangkan hak asasi manusia, hingga dia kokoh dalam membela kebenarannya. Dan yang pasti Nabi Muhammad SAW juga didukung oleh Khadijah binti khuwailid yang memberikan apa saja untuk menyokong perjuangan dakwah Rasul diMekkah saat itu. Dia memberikan segalanya hanya agar suaminya bisa berdakwah dengan baik dan kuat. Dan wanita ini juga yang mendapat salam langsung dari Allah SWT atas apa yang dia lakukan untuk Islam. Michelle Obama juga seorang wanita tangguh yang mampu menjadikan Obama seorang presiden berkulit hitam pertama dinegeri Pamansam itu.

 Ada sebuah cerita yang cukup menarik yg ingin gue bagi. saat itu Obama dan Michelle sedang makan disebuah Restaurant terkenal disebuah desa di Amerika (gue lupa makanannya apa). Sesaat, Michelle terlihat berbincang dengan pemilik Restaurant itu. Lalu Obama dengan lugu bertanya, "siapakah dia? kamu mengenalnya?". Dengan yakin dan innocent, Michelle menjawab "dia adalah mantan pacarku". lalu dengan takjub Obama berkata "Wah kalo kamu tidak putus dengannya, pasti kamu telah menjadi istri dari pemilik Restaurant terkenal dan terenak yang pernah ada." Lalu Michelle hanya tersenyum dan berkata "Kalo saya yang jadi istrinya, dialah yang jadi presiden di negara ini bukan kamu." Mendengar jawaban Michelle, Obama hanya diam. Di sini kita bisa melihat, kalo kekuatan seorang wanita itu sungguh luar biasa. Dan hanya wanita pula yang mampu merawat, menjaga, mendidik anak dengan lembut. Jadi, berbanggalah jadi seorang wanita.


Namun, seorang wanita juga bisa menjadi penghancur seorang laki-laki. Kita Liat saja Bill Clinton yang terpuruk dikarenakan kasus selingkuhnya hingga membuat dia bercerai. Banyak juga kita liat pada dunia showbitz, artis dan actor begitu mudah bercerai hanya karna ada orang ketiga dalam hubungan mereka.

So, jadi wanita tidaklah mudah. Kita harus bisa menempatkan diri kita sesuai dengan kaidah yang baik. Ga maukan, kita dianggap cewek murahan, cewek centil, cewek genit, hanya karna kita kelebihan lip Gloss yang berkilau seperti layaknya habis memakan seribu gorengan pinggir jalan. Ga maukan harga kita begitu murah hanya karna sebutir dua butir bakso hingga kita merayu si abang tukang  baksonya. Ga maukan harga tubuh kita sangat murah dari paha ayam, bahkan lebih murah dari sebutir bawang yang katanya sempat seribu untuk tiap butirnya. Sementara paha kita? Gratis diumbar Kemana-mana. Ga maukan suami kita nanti mendapatkan sisa orang lain hanya karna kita berpacaran dengan beberapa laki-laki yang berbeda sebelum menikah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan kita dipegang, disentuh bahkan mungkin ada sentuhan-sentuhan lainnya dari seseorang yang bukan Mahram kita. Ga mau juga kan kita dibilang lontong yang hanya membungkus tubuh dengan pakaian ketat dan menyakitkan. Sementara jelas ayatnya kita disuruh menutup aurat yang mengartikan bahwa itu tidak berbentuk. Heheheh, ini cuma opini di benak gue yang makin hari makin menumpuk untuk diungkapkan.

Kita bisa Liat trend zaman sekarang yang sedang berkembang dimasyarakat. Katanya kalo menggunakan jilbab itu, akan sulit jodoh, sulit mendapatkan kerja, sulit berteman, bahkan sulit bersosialisasi dengan sekitar. Hingga banyak muslimah remaja, melepaskan jilbab bahkan sengaja penampilan terbuka untuk bisa masuk kedunia yang mereka inginkan. Banyak juga wanita yang berdandan seperti seorang laki-laki hanya karna malas mengenakan pakaian Agung ini. Kata mereka sih, rempong, ribet, ga efektif, dan tentu saja ga modis. Kalo sudah begitu, mereka akan rela mengeluarkan banyak uang untuk mempercantik diri, dan membuat dunia menoleh pada mereka. Dan mereka akan mengatakan, wanita muslimah yang mengenakan jilbab itu kuno, ga gaul, ga tau fashion, ga modis, ga moderen dan banyak hinaan lainnya.

Agama Islam mengajarkan seorang muslim itu harus seimbang dunia dan akhiratnya. Untuk akhirat dipersiapkan, untuk dunia jangan mau kalah juga. Itu artinya, dalam agama Islampun kita dituntut untuk selalu bisa menjadi terbaik, baik di dunia, maupun akhirat. Tentunya dengan mengikuti kaidah dan aturan yang ada. Dalam Islam juga diatur adab berpakaian yang baik, diatur juga adab bergaul, bahkan agama Islam tidak mengekang seseorang dalam berhubungan baik dengan non muslim. Seorang muslim, dituntut juga memiliki penampilan yang baik, sesuai dengan tempat dan situasi. Kalo penampilan seorang muslimah asal-asal, tentu agama juga tidak memperbolehkan.



Seperti pada Hadits Rasulullah berikut ini: ”Sesungguhnya ALLAH tidak melihat kepada bentuk rupa dan harta kalian,tapi ia melihat hati dan amal kalian.” (HR.Muslim,Ahmad dan Ibnu Majah)
Dalam Hadits lain Rasulullah mengatakan bahwa wanita shalehah adalah sebaik-baik perhiasan dunia. Dari Amr ibnu ra : ”Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhisannya adalah wanita shalehah.” (HR.Muslim,Ibnu Majah dan An Nasai)

Jadi kecantikan dalam Al Qur’an dan Islam bukan di lihat pada kecantikan fisik dan Rupa semata tapi lebih pada kecantikan Sifat,tabiat,kebaikan hati dan akhlak seorang wanita. Wanita tidak perlu takut tidak cantik karena setiap wanita itu cantik dan indah apabila mempunyai akhlak yang indah pula,buat apa rupa dan fisik kita cantik tapi hati tidak cantik karena kecantikan fisik dan rupa akan hilang seiring waktu dan usia berlalu terkecuali bagi yang Surgary mungkin kecantikannya bertahan tapi apa ada orang yang mau dengan yang palsu?


So, masihkah kamu akan tampil dengan sifat centil ini? Ingin diperhatikan. Ohya, satu lagi, centil ini biasanya juga dikaitkan dengan keganjenan, atau juga kegenitan. Taukan artinya apa? Ganjen aatau genit sering diartikan sebagai seseorang yang berusaha memikat orang lain dengan tingkah dan perilakunya yang mulai berlebihan. Misalnya mencubit, kalo ngomong mulut dimenyong-menyongin, rambut dimaen-maenin saat berbicara, atau berusaha bersikap manja.
Ihhh, ga maukan disebut Centil, Ganjen atau Genit. Gw mah ogah. Semoga readers blog gue ini juga terjaga dari salah satu sikap buruk yang satu ini. Amiiin ya Rabbal Alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar