Kamis, 28 Maret 2013

BERANTAKAN!!!



                Gimana perkenalan pertama tadi? Semoga gue ga bicara sotoy alias sok tau bahkan menggurui ya.  Umumnya masalah kita para muslimah adalah BERANTAKAN! (Kita? Gue aja kali ya?) Hehehe, menurut gue ini adalah masalah global yang rata-rata dialami banyak muslimah. Termasuk gue. Maklum, gue merasa gue sering banget jadi orang yang berantakan. Terutama kamar atau kontrakan. Gue yakin, Dewi dan beberapa temen sekamar gue pernah merasa terzolimi karna perbuatan gue. Walau sebenernya, gue juga beberapa kali terzolimi oleh orang lain karna aksi berantakan ini. Dan ternyata beberapa orang temen gue juga memiliki sikap yang sama dengan gue dan yang lain. So, berantakan kayaknya adalah hal umum yang suatu kali kita lakukan. Gue ga percaya orang yang bilang dirinya adalah seorang yang rapi itu adalah orang-orang yang tidak pernah berantakan. Jadi intinya, terkadang ada sisi negative kita yang membuat kita menjadi berantakan.

                Ga heran kalo kita liat ditipi-tipi banyak adegan berantakan. Misalnya, ada seorang manager yang ga nyampe target penjualan yang ditetapkan oleh perusahaannya. Trus dengan emosi dia membuat ruangannya kacau. Entah itu buku-buku, benda-benda yang ada di mejanya, dan banyak hal lain yang menyebabkan lingkungannya menjadi berantakan. Secara psikologis si, doi melampiaskan kemarahannya dengan aksi kekacauan tadi.  Sebenernya semua itu ga ngaruh juga ama penjualannya tadi. Tapi toh, setidaknya dia mendapatkan  sedikit perasaan lega dengan tindakannya. Bener ga??? Bener donk. Hahaha, maklum gue korban drama gitu, sedikit paham dengan adegan-adegan itu. Ga percaya? Kalo kata Nike Ardila, dunia ini panggung sandiwara. Jadi yang ditampilkan di tipi-tipi itu adalah secuil dari lempeng kehidupan kita. Ya ga??? So, ga nutup kemungkinan kalo adegan tersebut juga ada dikehidupan.

                Yang gue ulas diatas tadi adalah contoh dari yang namanya berantakan. Hahaha, agak melenceng dikit dari yang gue ingin paparkan. Ga apalah, anggap aja intermezzo gue. Jadi berantakan adalah salah satu hal yang lumrah dilakukan banyak muslimah. Tapi menurut gue berantakan juga ada batasnya. Yah tapi separah apapun tingkat ketidakrapian lu ini, setidaknya dikamar atau tempat lu hidup  masih layaklah untuk sebagai tempat sholat. Hahaha, gue pernah nemuin teman yang kamarnya ga bisa lagi disholati. Bahkan, kalo lu duduk, lu musti singkirin dulu apa yang bisa lu singkirkan. Barang-barangnya, hanya Allah dan dia yang tau ada dimana. Kalo gue liat si, doi udah mengidap penyakit akut stadium tinggi. Tapi ga masalah juga,  dia mau berantakan apa enggak. Karna toh, yang tinggal dikamar itu hanyalah dirinya dan beberapa ternaknya. Bahkan, dia juga mungkin ga tau lagi bagaimana caranya untuk menjadi bersih. Hahaha, becanda kok.

        Padahal Nabi telah banyak memberikan wejangan dalam hadist-hadistnya tentang kebersihan. Apa jangan-jangan lu ga tau apa hadistnya? Hmmm, kalo gitu akan gue share beberapa hadist yang InsyaAllah shohih.

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

Artinya : ”Sesungguhnya Allah Ta’ala itu baik (dan) menyukai kebaikan, bersih (dan) menyukai kebersihan, mulia (dan) menyukai kemuliaan, bagus (dan) menyukai kebagusan. Oleh sebab itu, bersihkanlah lingkunganmu”. (HR. At- Turmudzi)

عَنْ اَبِى مَالِكْ الْحاَرِثِ بْنِ عَاصِمِ اْلاَشْعَرِيِّ قَالَ:قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الطَّهُوْرُ شَطْرُاْلاِيْمَانِ وَالْحَمْدُللهِ تَمْلاَءَ الْمِيْزَانِ وَسُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ للهِ تَمْلانَ اَوْ تَمْلاَءَ مَابَيْنَ السَّمَاءِ وَاْلاَرْضِ وَالصَّلاَةُ نُوْرٌوَالصَّدَقَةُبُرْهَانٌ وَالصَّبْرُضِيَاءٌوَالْقُرْأَنُ حُجَّةٌ لَكَ هُوَ عَلَيْكَ اَلُ الناَّسِ يَغْدُو فَبَائِعُ نَفْسِهِ فَمُعْتِقُهَااَوْمُوْبِقُهَا     رواه مسلم

Artinya : Dari Abu Malik al-Haris ibn `Asim al-Asya’arie r.a. beliau berkata : Rasulullah saw telah bersabda : Kebersihan itu sebagian daripada iman. Ucapan zikir Al- Hamdulillah memenuhi neraca timbangan. Ucapan zikir Subhaanallah dan Al- Hamdulillah kedua-duanya memenuhi ruangan antara langit dan bumi. Salat itu adalah cahaya. Sedekah itu adalah pelita. Sabar itu adalah sinaran. Al- Qur’an itu adalah hujah bagimu atau hujah atasmu. Setiap manusia keluar waktu pagi, ada yang menjual dirinya, ada yang memerdekakan dirinya dan ada pula yang mencelakakan dirinya. (HR. Muslim)

                Tuh kan, “kebersihan adalah sebagian dari iman.” Tapi kita sering ga ngeh dan ga peduli dengan kebersihan itu sendiri. Namanya juga manusia. Pasti kadang kita sering khilaf, lupa dan alpa. Dan lagi, seperti yang gue bilang diatas, berantakan adalah salah satu penyakit umum yang pasti menjangkiti manusia. Berantakan juga bukan masalah besar juga. Eh, tapi gue sering berantem ama temen karna masalah ini. Misalnya aja, gue naroh sesuatu yang bukan pada tempatnya. Dan kebetulan gue dapet temen sekamar yang saklek  banget dan amat teramat peduli kebersihan. Jadi, ga heran kalo kami sering berbeda pendapat dalam kebersihan. Berikut gue akan share beberapa hal yang mungkin berguna untuk para mahasiswa, atau pekerja yang ngekost alias tinggal sekamar dengan orang lain.



1.       Lu musti pelajari teman sekamar lu. Hmmm, kalo bisa sebelum lu berikrar  bakal sehidup semati ama dia. Jiaaah, berasa akad nikah aja ni. Tapi kalo misalnya lu baru kenal, dan lu emang harus share room dengan teman baru itu, gue saranin, diawal lu bikin komitmen ama tu orang. Biar kalian sama-sama enak ngejalanin hari-hari kedepannya. Karna kalo cuma mengandalkan azas kekeluargaan, gue rasa akan banyak pemakluman yang akan terjadi. Sukur-sukur kalian bisa nahan dalam hati atas keberantakannya, kalo ga? Wah, bakal perang dunia tuh. Kalo lu udah kenal lama dengan teman sekamar lu nanti, tentunya akan lebih mudah untuk kalian berdua beradaptasi satu sama lainnya. Ya  ga? Iyain aja, dari pada gue nangis?

2.       Perhatikan kebiasaan-kebiasaan teman lu. Jika adahal yang tidak kamu sukain dari aktifitas atau pergerakan dia dikontrakan atau dikamar lu, segera komunikasikan. Jangan ditahan sendiri. Karna hanya akan menjadi benih kebencian. Ahahay, kayaknya pengalaman ni noy?? Beneran lho! Gue pernah mengalami. Dan syukurnya gue pernah sekamar dengan orang yang langsung mengungkapkan ketidaksukaannya. Dan dengan gagah dia bilang “Eh Noy, rapiin tuh barang-barang lu. Gue ga suka berantakan.” Otomatis gue bergerak donk. Karna gue udah menzolimi hak dia untuk berada nyaman dikamarnya. Dan gue bersyukur dia orang yang jujur. Begitu juga, gue. Kalo doi berantakan, sementara gue pengen istirahat, gue juga bilang langsung. Walau ada perasaan ga enak, tapi kalo lu bener-bener berteman baik dengannya, pastinya rasa itu akan sirna secara perlahan.

3.       Kamu harus bisa juga memaklumin apa yang sedang terjadi pada teman sekamar lu. Bisa jadi saat temen lu melancarkan aksi berantakannya, doi lagi ada masalah. Dengan rendah hati, lu bantu dia untuk merapikan kembali. Atau bisa saja dia lagi buru-buru kesuatu tempat dan harus pergi segera. Jadi ga sempat beres-beres. So, kamu bener-bener harus mencoba mengerti keadaan teman lu itu.

4.       Bikin aturan yang mengikat kalian berdua untuk bisa hidup tenang dilingkungan itu. Misalnya aturan untuk jadwal bersih-bersih kamar mandi, nyapu, atau ngepel. Gue yakin, kalo kasur, meja, pasti kalian punya masing-masing dan ngebersihin sendiri. Ya ga? Lain soalnya kalo kalian menggunakan sarana kamar bersama. Kasur dan meja belajar serta lemari yang penggunaannya bersama harus lu jaga kebersihannya, kerapiannya juga keindahannya. Karna hal itu sangat penting. Gue ga kebayang aja jika salah satu diantara kalian berantakan. Pasti akan sering banget terjadi percekcokan yang tak bisa dihindari. Hahaha, gue juga pernah mengalaminya. Kalo lu yg jadi korban, lu harus ngingetin dia. Jangan ngomong dibelakangnya.

5.       Kalo lu udah ga bisa dengan teguran, lu cari cara untuk menyadarkan teman lu yang berantakan tadi. Misalnya dengan cara memberikan tulisan-tulisan pengingat di lokasi-lokasi strategis. Tentunya dengan bahasa yang sopan dan baik. Misalnya diatas meja belajar lu bisa tuliskan “Habis belajar, jangan lupa rapiin perkakasnya ya J”, atau di pintu bagian dalam, “Udah rapikah kamu sebelum keluar kamar? Ayo di cek dulu.” Kalo misalnya dengan pengingat kecil gitu dia ga peduli, barulah lu harus membicarakan dengan serius.

6.       Kalo privasi lu ga mau diganggu, ya mau ga mau lu kudu siap untuk hidup sendiri. Nyewa kamar sendiri dan hidup sendiri. Disana lu bebas mau berkreasi. Mau jungkir balik, mau membeberkan semua barang-barang komestik lu, mau naruh baju kotor secara ngasal, atau lu mau buang sampah dikamar lu secara bebas, terserah aja. Toh yang ngerapiin juga lu sendiri. Yang ngebersihin juga lu sendiri. Jadi kalo bedak lu suatu hari ditemukan dikolong kasur, itu resiko atas dosa lu sendiri juga. Hahaha… yang pasti, kalo lu udah hidup sendiri. Apa aja yang lu lakuin, tentu udah jadi tanggung jawab lu.

7.       Kalo lu hidup dirumah yang ada pembantunya, jangan sampe pula mereka yang berjibaku ngebersihin dan ngerapiin barang-barang lu. Yah, minimal lu kudu care juga ama milik lu sendiri. Kalopun lu takut tu pembantu ga punya kerjaan, minimal barang-barang pribadi lu, disimpan sendiri. Biar lu tau dan gampang menemukannya jika suatu saat lu butuh itu sesuatu yang penting.

                Gimana? Sebenernya masih banyak yang ingin gue share. Tapi untuk sekarang segini dulu ya. Hehehe, jadi besok lu bisa membaca blog gue lagi J. Jadi apa ni kesimpulan kita saat ini? Apa ayo? Yap. Intinya, kalo lu berantakan dan hidup dengan orang lain, lu kudu siap berbagi dan peduli dengan sekitar lu. Jangan sampe lu cuek bebek dan melakukan seenaknya diruangan yang tidak hanya lu penghuninya. Lain soal kalo lu hidup sendiri. Up to you! Terserah mau ngapain. Tapi yang pasti, tetep rapid an bersih. Minimal saat lu ingin berduaan dengan Allah SWT, masa iya lu ga memeperhatikan kebersihan? Sedangkan kondangan aja lu bisa tampil menor. Masa iya untuk Allah SWT, zat yang nyiptain lu, zat yang Maha Kaya, Zat yang Maha Ganteng, Maha Cakep dan Maha segalanya ini lu ga peduliin. Dengan terjaganya kebersihan hati, jasmani dan lingkungan, lu pasti akan menjadi seorang muslimah yang ga disebelin oleh orang lain J

Jangan lupa tinggalin jejak ya di Blog gue J

3 komentar:

  1. hahaha...
    sy suka tman yg jujur kyak tips eonnie yg ke2 tuhh..
    mending tegur langsung, walaupun gak enak hati jg sihh. dari pada ditegur halus gak ngerti2, mending to the point sj.

    tapi, jgn asal to the point jg sih, liat dlu orgnya, nanti dy nya trsinggung lagi. wahh,,, serba salah.
    masalahnya sy ndak prnah ngerasain yg namanya kost, jadi gak tau deh rasanya..^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, untungnya aku dan temenku itu amat sangat mudah melupakan sesuatu yang menyakitkan. Jadi kami sering lupa ama hal-hal yang tidak enak. Selanjutnya kami kembali lagi seoerti biasa. Hehehe

      Hapus
  2. berantakan mksudnya kaya gayanya HARLEM SHAKE gtuuhh,,,,

    *sok tauuu,,,

    _haein_

    BalasHapus